Jumat, 19 Juni 2009

VALIDITAS DAN RELIABILITAS


Suatu instrumen baik tes maupun nontes harus memiliki bukti kesahihan (validitas) dan keandalan (reliabilitas), hasilnya dapat dibandingkan, dan ekonomis. Ada lima sumber bukti validitas yang penting yaitu, bukti berdasarkan isi tes, bukti berdasarkan proses respons, bukti berdasarkan struktur internal, bukti berdasarkan hubungan dengan variable lain, dan bukti berdasarkan konsekuensi pengujian. Sumber bukti validitas tes akan dibahas secara berurutan pada bab ini.
Keandalan merupakan indeks yang menunjukkan tingkat keajegan atau konsistensi suatu tes. Hal ini berkaitan dengan tingkat kesalahan hasil suatu tes yang berupa skor. Tes yang digunakan di berbagai tempat dengan tujuan yang sama, seperti tes hasil belajar, hasilnya yang berupa skor harus dapat dibandingkan antar tempat. Hasil tes ini juga harus dapat dibandingkan antar waktu untuk mengetahui perkembangan hasil belajar yang dicapai.
Tes yang baik harus dibuat sedemikian rupa sehingga mudah digunakan. Bisa saja dikembangkan tes yang sangat akurat hasilnya, namun pelaksanaannya memerlukan dukungan fasilitas dan kemampuan yang sulit dipenuhi. Oleh karena itu akurasi hasil suatu tes juga harus disertai dengan kemudahan penggunaannya.

Tidak ada komentar: